Kamis, 18 Oktober 2012

Tips Menghadapi Kegugupan Saat Presentasi


Sadarkah anda? Bahwa kegugupan pada saat presentasi adalah hal yang sangat mengganggu. Kita bisa kehilangan berbagai peluang bagus dan kesempatan emas hanya karena gugup pada saat presentasi. Mulai dari peluang naik gaji, karir lebih baik, Pada topik kali ini, kita akan membahas seputar masalah kegugupan secara umum, dan bagaimana cara mengatasinya.



Tips Pertama mengatasi kegugupan saat presentasi yang dapat berguna bagi karir Anda
Berusaha menghindar adalah tipe pertama dari kegugupan yang biasanya sering terjadi pada kebanyakan orang. Orang seperti ini biasanya mulai gelisah dan berusaha menghindar ketika mendapatkan pemberitahuan bahwa dirinya akan diminta maju untuk bicara. Sekalipun diberitahukan jauh-jauh hari, biasanya mereka tetap gelisah dan ada pula yang karena sangat gelisah, menjadi sulit tidur. Mereka memiliki banyak ketakutan dan menghabiskan hidupnya dengan banyak ketakutan dan kegelisahan. Pada kondisi yang lebih ekstrim, mereka bahkan menolak solusi untuk mengatasi kegugupannya sendiri.

Solusinya adalah :
  • Belajar memperluas pergaulan dan berkomunikasi dengan banyak tipe orang, karena akan membuatnya memiliki banyak pengalaman penting.
  • Belajar untuk lebih terbuka pada orang lain dan terhadap kelompok.
  • Kelompok kecil di luar dunia kerja adalah awal yang bagus untuk melatih cara bicara dengan nyaman.
  • Bukalah hati dan pikiran untuk mau menerima masukan dari orang yang lebih berpengalaman.
  • Bacalah buku-buku motivasi atau kisah-kisah sukses untuk membuat semakin percaya diri.
  • Sempatkan juga untuk menghadiri seminar-seminar motivasi.

Tips Kedua mengatasi kegugupan saat presentasi yang dapat berguna bagi karir Anda
Tipe yang berikutnya adalah jenis orang yang memiliki tingkat kekhawatiran yang berlebihan. Orang seperti ini biasanya terlalu repot untukmemperhatikan hal-hal kecil, dengan detail. Harapannya agar presentasi dapat berjalan dengan sangat sempurna.Energy yang dia habiskan terlalu banyak untuk persiapan, yang kadang tidak terlalu penting.Tipe ini takut terlihat buruk didepan orang lain, sehingga sebisa mungkin mempersiapkan hal-hal detail yang menurutnya penting. Namun justru karena itu, sering kali apa yang disampaikannya menjadi tidak menarik. Kekhawatirannya menyebabkan dia lupa dengan hal-hal yang esensi dalam presentasi di lingkup dunia kerja maupun dalam lingkup lainnya, seperti komunikasi dengan audiens dan teknik penyampaian materi yang nyaman.
Solusinya adalah :
  • Belajar untuk lebih toleransi pada kesalahan-kesalahan kecil yang timbul.
  • Coba untuk mempersiapkan presentasi dengan lebih santai dan rileks, hal ini dapat dilakukan dengan memutar instrument-instrumen music yang ringan.
  • Berdiskusilah dan minta pendapat orang untuk presentasi anda.
  • Pelajari lebih dalam teknik-teknik presentasi yang lebih mementingkan pada aspek komunikasi dan teknik-teknik penyampaian yang berguna dalam dunia kerja maupun lainnya.

Tips Ketiga mengatasi kegugupan saat presentasi yang dapat berguna bagi karir Anda
Selain dari 2 macam kegugupan diatas, ada pula jenis kegugupan yang hanya muncul sesaat tepat sebelum maju ke depan. Orang seperti ini biasanya menjadi sangat gugup sesaat sebelum bicara, atau ketika namanya dipanggil. Jantung mereka biasanya berdetak lebih kencang saat akan maju kedepan atau mendengar namanya dipanggil. Mereka biasanya juga cenderung panic saat akan tampil.Terkadang persiapan yang sungguh-sungguh membuat ketegangannya semakin memuncak menjelang detik-detik terakhir sebelum tampil untuk melakukan presentasi.
Solusinya adalah :
  • Belajarlah untuk mengatur nafas beberapa kali sebelum ke depan. Anda bisa melakukan dengan menarik nafas panjang, tahan sebentar dan hembuskan selama mungkin.
  • Jagalah fokus tetap untuk memberikan yang terbaik bagi audiens. Selalu bayangkan bagaimana rasanya saat tampil dengan baik
  • Beberapa lompatan kecil, dan sedikit senam terkadang dapat membuat kita lebih segar dan tenang.

Tips Keempat mengatasi kegugupan saat presentasi sedang berjalan
Yang terakhir adalah jenis orang yang menjadi gugup ketika ditengah-tengah presentasi sedang berjalan. Mereka seringkali menganggap remeh tugas yang diberikan.Mereka hanya yakin mengerti materi yang akan digunakan dan berangan-angan untuk melakukan improvisasi ditempat. Inilah yang menyebabkan gugup ditengah-tengah presentasi, karena mereka audiens menunggu-nunggu saat mereka kehabisan ide, atau beberapa bagian dari materi pokok. Hal ini sangat berbahaya khusunya dalam presentasi di dunia kerja.
Solusinya adalah :
  • Tegaslah dengan diri sendiri, untuk lebih rajin mempelajari materi dan melakukan latihan persiapan.
  • Fokuslah pada tujuan saat mempersiapkan presentasi.
  • Sediakan waktu khusus untuk persiapan, dan gunakan sebaik-baiknya.
  • Mintalah nasihat pada orang yang ahli, tanyakan apakah persiapan anda sudah cukup.

Selamat berlatih…!!! J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar